sponsor

Thursday, September 13, 2007

PhpMyAdmin

Phpmyadmin adalah suatu aplikasi yang dibuat dengan bahasa pemrograman PHP yang ditujukan untuk pengelolaan basis data MySQL melalui Internet. Fungsi phpmyadmin sama dengan fungsi software lain seperti SQLYOG dan MySQLFront. Hanya saja PhpMyAdmin adalah free software. Sebelum mengikuti tutorial ini lebih lanjut, ada baiknya anda mendownload dulu phpmyadmin.

Cara Menggunakan Phpmyadmin

1. Pastikan Apache, PHP dan MySQL sudah terinstall di komputer Anda. Copy file phpMyAdmin-2.5.6.zip ke dalam folder di mana anda menyimpan file php (dalam Document Root)

2. Extract file tersebut sehingga akan terbentuk sebuah folder bernama phpMyAdmin-2.5.6

3. Bukalah web browser dan ketikkan http://localhost, lalu carilah folder tersebut.
Jika web browser anda menampilkan halaman sbb, maka anda harus mengatur / konfigurasi username dan password mysql di phpmyadmin terlebih dahulu.

4. Akan tetapi jika tampilannya sebagai berikut, berarti anda tidak perlu melakukan pengaturan / konfigurasi username dan password mysql di phpmyadmin

5. Jika tampilannya seperti pada gambar 3, maka anda harus melakukan konfigurasi username dan password mysqldi phpmyadmin. Caranya adalah buka folder phpMyAdmin-2.5.6 melalui windows explorer. Kemudian bukalah file config.inc.php (boleh menggunakan Dreamweaver maupun notepad).

6. Ubahlah beberapa settingan sbb :
di baris ke 69 : $cfg[’Servers’][$i][’host’] = ‘localhost’;
$cfg[’Servers’][$i][’host’] berisi host atau komputer tempat database mysql berada. Isi dengan localhost jika database mysql berada di komputer anda

Di baris ke-70 : $cfg[’Servers’][$i][’port’] = ‘’;
$cfg[’Servers’][$i][’port’] adalah port yang digunakan mysql. Kosongkan jika mysql anda menggunakan port standar (3306)

Di baris ke-83 : $cfg[’Servers’][$i][’user’] = ‘root’;
$cfg[’Servers’][$i][’user’] adalah user yang digunakan untuk koneksi ke mysql

Di baris ke-84 : $cfg[’Servers’][$i][’password’] = ‘’;
$cfg[’Servers’][$i][’password’] adalah password yang digunakan untuk koneksi ke mysql

No comments: